The Biggest Spirit Of Capoeira


Central Park, Jakarta.
Siang itu, minggu 24 Oktober 2010 sebagian besar Jakarta diselimuti awan gelap. Begitu juga dengan kawasan Jakarta Barat. Tanpa harus menunggu lebih lama, hujan pun meluncur deras ke bumi.

Sementara, di Central Park beberapa pemuda terlihat gelisah. Sayangnya saya salah satu dari pemuda itu. Kami akan menggelar sebuah pertunjukan. “The Biggest Capoeira Event: Hydro Get Up Get Active-SPIRIT OF CAPOEIRA”. Dan cuaca sangat tidak bersahabat. Jadwal dalam rundown mengharuskan kami untuk memulai pertunjukan. Tapi kami tidak siap untuk mengambil resiko. Peralatan sound dan lighting sangat rentan dengan air. Bukan hanya kerusakan pada peralatan saja yang bisa terjadi. Tapi juga bisa memacu pada hal yang lebih besar.

Maka keputusan diambil, yaitu :
1. Event pending 1 jam dari jadwal.
2. PAWANG HUJAN!

Yup, kami mengutus seorang pawang hujan untuk membantu kami. Lucu memang dan unlogicly (istilah saya lho). Tapi kenyataannya solusi “Pawang hujan” memang sangat membantu.

Bermodalkan sesajen susu, rokok dan kopi (berhubung warung kopi jauh, maka kita beli aja kopi dari Sta**Bu*ks, buset gaya betul ini dukun), perlahan namun pasti hujan mulai reda dan matahari muncul dari persembunyiannya.

Ternyata kami tidak harus sedemikian molor dari jadwal. Bahkan tepat waktu. Pertunjukan pun dimulai.

Pergelaran ini adalah acara Batizado yang berarti “Dibaptis” dari Grupo Argola de Ouro. Dimana seorang yang belajar Capoeira dibaptis menjadi “Capoeirista” dan mendapat julukan. Seperti teman saya, Verdy. Ia mempunyai gelar Galo yang berarti Ayam Jantan.

Dalam Batizado e Troca de Cordas
Grupo Argola de Ouro Indonesia yang ketiga ini mengundang Mestre Ousado (Argola de Ouro Singapore, Brazil), Mestre Edy Murphy (Axe Capoeira, Macau), Mestre Marcao (Ginga Firme Capoeira, Jakarta), Professora de Samba Fernanda (Axe Capoeira, Macau), Professor Tucum (Argola de Ouro Singapore, Brazil), Graduado Davi (Bantus Capoeira, Jakarta) dan Indonesian Capoeira Instructors.

Sesi pertama dalam Batizado diisi dengan workshop Maculele (tarian perang Brazil), tarian Samba yang eksotis, Open Roda dan tentu saja acara Pembatisan yang sangat ditunggu-tunggu para Capoeirista. Mereka (Capoeirista) harus berhadapan dengan para Maestre dalam Open Roda dan mendapatkan sabuk serta gelar.

Para pengunjung terlihat antusias menyaksikan pergelaran ini. Mereka bisa melihat dari dekat dan mengerti apa itu Capoeira. Verdy alias Galo dengan aktif menjelaskan apa itu Capoeira. Selama ini masyarakat luas hanya tahu bahwa Capoeira adalah Martial Art atau seni bela diri. Ternyata dalam Capoeira banyak unsur didalamnya. Bukan cuma bela diri. Tapi juga kebudayaan. Tarian, musik, nyanyian dan juga bahasa.

Sesi pertama usai, para Capoeirista telah mendapat sabuk dan gelarnya. Acara berlanjut ke sesi 2. Bukan cuma para Capoerista yang meramaikan acara ini tapi juga didukung oleh BboyIndo.com, Komutoku, Paul (Hollaback Family, 7Squad dan Peace Maker. Suasana semakin hangat dan meriah. Pengunjung semakin antusias dan terhibur. Tapi kami belum merasa puas. Maka untuk menutup perjamuan ini, para performers melakukan improvisasi.

Yaitu bboyindo.com vs Capoeira vs Peace Maker!!!

Mereka saling menunjukkan kebolehannya. Salto, headstand, atraksi bola basket, bahkan bersalto melewati jejeran orang, 5 baris!!! Wow!! Semua atraksi dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Pengunjung terbengong ria tapi bertepuk tangan dan bersorak. Terhibur. Itulah kesan yang saya dapatkan dari wajah mereka.

Acara pun usai. Para pengisi acara saling berpelukan karena telah berhasil tampil sempurna. Dan pengunjung buru-buru mengambil kamera untuk mengabadikan acara ini dengan para performers dan Maestre.

Selasai sudah tugas hari ini. Saya dan tim tersenyum puas. Kami berhasil (lagi). Cheers!

Nb:
Terima kasih untuk sponsor kami :
– Fatigon Hydro
– Metrox

Terima kasih yang besar untuk Central Park yang telah menyediakan tempat untuk kami.

Salut and special thanks to :
BboyIndo.com
Komutoku
Peace Maker
Paul (Hollaback Family)
7Squad

Grupo yang membantu memeriahkan :
– Grupo Ginga Firme
– Grupo Senzala
– Grupo Singa Bahia
– Grupo Bantuz
– dan Grupo yang mungkin terlewatkan oleh saya namanya. Mohon maafkan saya. Terima kasih.

Argola de Ouro Indonesia.

Follow my twitter : @Novelyzius

Advertisements

3 thoughts on “The Biggest Spirit Of Capoeira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s